Tugas dan Wewenang Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Bisnis

Tugas dan Wewenang Manajemen Keuangan dalam Perusahaan – Dalam perusahaan biasanya terdapat manajer khusus yang membawahi bidang keuangan. Secara umum, manajer dalam bidang keuangan mengelola dan mengolah keuangan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, baik untuk keperluan jual-beli produk hingga melakukan investasi.

Mereka yang berada di posisi ini harus memiliki pendidikan serta keahlian yang mumpuni, minimalnya telah mendapatkan pengalaman perhitungan keuangan atau mempelajari materi yang memiliki kaitan dengan pengelolaan dana perusahaan.

Secara umum tugas dan wewenang manajamen keuangan cukup penting, yakni bertanggung jawab terhadap investasi dana dan pembuatan strategi guna mengatur transaksi keuangan perusahaan. Mereka juga harus asli untuk menyortir dan memilah berkas penting yang berkaitan dengan keuangan.

Tugas Manajemen Keuangan

Terdapat beberapa kewajiban tugas yang harus dilakukan oleh manajer keuangan, khususnya untuk merencanakan dan mengatur strategi yang tepat guna keberlangsungan perusahaan. Ia juga harus mampu untuk bekerja sama dengan manajer lain agar keuangan dan aspek pendukung perusahaan tetap stabil dan sesuai dengan rencana.

Sedangkan kewajiban dan tugas lain yang menjadi tanggung jawab manajer atau manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Menjalin kerja sama dengan manajer perusahaan lain, terutama untuk kehidupan perusahaan yang efisien dan efektif.
  2. Mengambil keputusan penting, terkait untuk melakukan investasi atau tidak.
  3. Menghubungkan perusahaan dengan pialang ataupun paar saham, agar perusahaan tersebut dapat memperdagangkan saham yang dimiliki.

Wewenang Manajemen Keuangan

Setelah mengetahui tugas dan wewenang manajemen keuangan, diharapkan Anda dapat mengetahui wewenang yang mereka miliki. Seorang kepala manajemen keuangan bertugas untuk merencanakan serta melakukan koordinasi terkait kas yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, sekaligus melakukan pengontrolan terhadap penggunaannya.

Dengan melakukan kontrol terhadap kas yang dimiliki perusahaan, maka keadaan keuangan perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik. Akan terdapat dana yang mencukupi untuk melakukan operasional kerja tanpa khawatir dengan adanya defisit yang mungkin terjadi.

Selain mengatur kas perusahaan, berikut merupakan beberap wewenang yang berhak dilakukan oleh  seorang manajer keuangan, yakni:

  1. Melakukan konsolidasi dengan bagian perpajakan, dan merencanakan pembayaran pajak yang teratur. Sehingga efisiensi dapat dilakukan dan perusahaan tidak terkena denda karena melakukan penggelapan pajak atau menunggaknya.
  2. Tugas dan wewenang manajemen keuangan lainnya adalah melakukan kontrol dan pemeriksaan terhadap setuap proses transaksi yang dilakukan perusahaan, sehingga pengeluaran tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukannya.
  3. Membuat laporan mengenai penggunaan dana perusahaan, serta mengelolanya sehingga menghasilkan fungsi akuntasi yang baik. Dengan begitu, laporan yang dihasilkan akan sesuai dengan standar, akurat, dan dapat dipertanggung jawabkan dengan penuh.
  4. Melakukan penyusunan dan penganggaraan terkait dengan dana perusahaan.

Selain keempat hal yang telah disebutka sebelumnya, seorang yang bekerja dalam manajemen keuangan harus selalu melakukan pengawasan pada dana perusahaan, sehingga keuangan tetap stabil. Melakukan kontrol dan melakukan konsultasi lanjut dengan bagian direksi untuk membuat keputusan terkait penggunaan dana juga perlu dilakukan.

Apabila Anda hendak menduduki jabatan tersebut, selain harus mengetahui tugas dan wewenang manajemen keuangan, Anda juga setidaknya harus memiliki beberapa skill wajib. Skill tersebut akan berguna ketika bekerja mengelola keuangan, diantaranya adalah ilmu perpajakan, akuntansi dasar, menguasai ilmu keuangan, serta mampu membuat keputusan pendanaan investasi jika diperlukan.

Itulah beberapa tugas dan wewenang manajemen keuangan, tidak semua orang mampu menduduki posisi tersebut. Karena itu perlu calon dengan kriteria yang tepat agar perusahaan tidak mengalami kebangkrutan.

Related Posts