4 Tips Hit Instagram Dengan Teknik Fotografi Datar

Teknologi

Menurut Discover Digital Photography, Flat Lay merupakan gaya fotografi saat menunjuk serangkaian objek, baik itu pada makanan, produk dan lainnya. Melalui bidikan kamera dari atas ke bawah dalam garis lurus 90 derajat. Objek itu sendiri diletakkan di atas permukaan datar (flat) pada permukaan yang menghadap kamera. Akan tetapi, biasanya teknik fotografi ini dapat digunakan agar bisa mempercantik feed Instagram itu sendiri.

Untuk menghasilkan foto Flat Lay, Anda tidak perlu kamera yang canggih, yang penting perhatikan tips ini.

1. Latar belakang

Permukaan yang menjadi latar belakang foto Flat Lay ini adalah hal utama. Karena pendekatan Flat Lay ada di foto objek, pastikan untuk memilih latar belakang sederhana yang dapat menyorot objek. Misalnya, Anda dapat memilih latar belakang yang solid dari satu warna, misalnya, putih, kuning, merah muda atau warna pastel.

Jika Anda tertarik memotret di atas meja kayu atau latar belakang berpola karena Anda berada di restoran atau di suatu tempat, pastikan bagian bawahnya bersih dan tidak ada makanan atau minuman yang berserakan.

Biasanya, dana yang sering dipilih adalah kertas besar, kayu atau lantai, karena dianggap paling aman untuk foto Flat Lay.

2. Proporsi

Dalam teknik fotografi Flat Lay, Anda tidak hanya dapat menempatkan objek fotografi, Anda harus mengatur objek sedemikian rupa sehingga tertata dan menunjukkan keindahannya. Objek dapat dipesan secara tertib atau tidak teratur, asalkan dalam proporsi yang benar. Agak bermasalah, tapi ini bisa menghasilkan hal-hal indah.

Objek bidikan Anda bisa berada di tengah bingkai atau bahkan mengisi bingkai, atau bahkan condong ke samping, semuanya bisa dibuat sesuai keinginan Anda, yang terpenting adalah memperhatikan proporsinya. Teknik penekanan adalah cara menyoroti beberapa objek yang akan Anda sorot.

Untuk bahan atau hiasan untuk mempercantik foto Anda, Anda bisa menggunakan bunga atau bahkan pernak-pernik untuk memegang benda.

3. Menyulut

Paparan cahaya alami adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan alami juga. Cobalah menggunakan sinar matahari, tetapi tidak secara langsung karena sinar matahari langsung dapat menghasilkan objek yang terlalu terlihat sampai batas tertentu.

Hindari memotret Flat Lay di tempat yang terlalu gelap. Sinar cahaya dapat digunakan di suatu tempat, tetapi tergantung pada kualitas kamera agar tidak menghasilkan noise.

4. Perbaikan (Edisi)

Jika Anda tidak puas dengan hasil foto yang diambil, jangan lupa untuk menyukai sentuhan akhir melalui proses pengeditan yang dapat Anda gunakan dari Instagram. Jika Anda terpaksa mengambil foto di tempat gelap yang tidak begitu alami, Anda dapat menyelesaikan masalah pencahayaan ini dengan proses pengeditan. Jika foto Anda tidak terlalu datar atau tegak lurus, Anda juga dapat menggunakan alat untuk meluruskan di Instagram.

Mendapatkan foto yang tepat membutuhkan sedikit usaha, tetapi jika Anda terbiasa melakukannya, pasti akan lebih mudah. Latihan membuat sempurna. Semoga beruntung!

Penulis: Nirvanaharapan

Related Posts