Rahasia Resep Masakan Telur Masak Habang

Telur Masak Habang

SeoulCityBlog.com – Hallo bunda cantik pengunjung setiap blog nya orang korea, sore hari ini kita intip  nih rahasia resep masakan telur masak habang (abang/merah) untuk sebagai pelengkap nasi kuning maupun tumpeng.

Nasi kuning kebanyakan emang sudah sebagai makanan untuk melnggelar tradisi maupun sebagai hajatan atau syukuran karena kental dengan budaya jadi nasi kuning banyak sekali yang bikin dan mencari resep nya sesuai dengan masyarakat daerah.

Namun kali ini Bunda Azalea Cookpad membuat resep rahasia agar nasi kuning bisa menjadi lebih berwarna tentunya juga berasa lebih mewah dan khidmat (damai) sebagai sarana kebudayaan, resep ini sangat rahasia karena memang bunda meraciknya sendiri.

Telur Masak Habang (Pelengkap Nasi Kuning)

Resep dari bahan telur emang tidak ada habisnya, namun kegunaanya juga berbeda-beda Telur masak habang ini dari namanya saja masak yang artinya itu sudah matang dan habang bisa di bilang dengan warna merah. Betul sekali telur ini warnanya merah namun siapa sangka walaupun warnanya merah namun menu ini tidak pedas sama sekali loh moms, jadi aman buat anak-anak maupun orang tua.

Bahan-bahan Telur Masak Habang

  1. Siapkan 12 buah cabe merah kering.
  2. Siapkan 20 butir telur, rebus hingga matang, kupas kulitnya.
  3. Siapkan 12 siung bawang merah.
  4. Sediakan 4 siung bawang putih.
  5. Siapkan 8 sendok makan minyak goreng untuk menumis.
  6. Siapkan 300 mili liter Bumbu Masak Habang instan.
  7. Bunda membutuhkan Air untuk merebus cabe kering.
  8. Bunda membutuhkan PELENGKAP :
  9. Siapkan 100 mili lite air.
  10. Sediakan sesuai selera Gula pasir.
  11. Sediakan sesuai selera Garam dan penyedap.
  12. Bunda membutuhkan bawang merah goreng buat taburan.
Baca Juga :  Cara Membuat 4. Nasi Goreng Vegetable Mix

Langkah Cara Membuat Telur Masak Habang

  1. Buang biji cabe kering lalu cuci agar bersih. Masukan ke panci didihkan air di panci dan rebus cabe kering hingga agak lunak setidaknya kurang lebih 10-15 menitan. Kemudian tiriskan di tempat yang berbeda.
  2. Proses selanjutnya bunda bisa pakai blender jika tidak punya food processor (saya saranin blender saja biar mudah dan banyak yang punya) , tapi pastikan dan ingat selalu pakai tambahan minyak dikit kalau diblender. Kalau aku masih memakai cara tradisional untuk ini dengan cara diulek manual. Kalau diulek pastinya bakal butuh usaha sedikit keras karena menggunakan tenaga kita. Jadinya mending pakai talenan kayu dan pisau yang berat supaya untuk nyincang cabenya jadi tipis-tipis dan merata.
  3. Cabenya dicincang terus pokoknya sampai halus dan sangat kental menyatu karena hal ini sangat penting ketika dicampur dengan bumbu.
  4. Setelah itu cabe kering sudah selesai tercincang halus, sisihkan deh.
  5. Di cobek ( bagi yang manual seperti aku bun) ulek bawang merah dan bawang putih. Sewaktu halus pake banget, beri cabe kering cincang tadi sembari diulek sebentar saja untuk membuat campuran sekaligus terlihat lebih menghaluskan cabe yang tadi.
  6. Panaskan minyak goreng (kalau bisa yang masih baru) di wajan dan tumis bumbu halus tadi sampai matang dan memiliki wangi harum. Masukkan juga bumbu masak habang instannya. Aduk terus sampai rata hingga terlihat matang dan minyak menjadi terpisah di pinggirnya. Beri air 100-150 ml dan didihkan secara pelan-pelan. Bumbui dengan berbagai bahan yang diperlukan seperti  garam, penyedap dan gula adukan lagi harus rata. Masukkin deh telur yang sudah di kelotok sempurna. Aduk terus ratakan sampai keliahatan enak di mata. Masak hingga kuah agak mengering dan bumbunya lebih tercampur semua. Pindahkan ke piring saji disesuaikan dengan porsi yang dibikin ya moms. Taburi bawang goreng untuk aksesorisnya. Jadi Deh Bun.
Baca Juga :  Resep Masakan Terbaru Nasi Goreng campur

Rahasia Menu Lauk Telur Masak Habang Nasi Kuning

Jika mendengar nasi kuning di masyarakat indonesia bukan lagi rahasia sih, namun ketika penyajianya spesial di hidangkan dengan berbagai lauk pauk yang pas akan tercipta suana yang damai dan terlihat mewah pada masakan nasi kuning loh moms.

Silahkan dicoba bun resep ini sangat cocok sekali dengan lihat masyarakat kalimantan khususnya banjarmasin, semoga juga cocok buat lidah di daerah kalian ya bun, untuk menu yang lainya silahkan ke kategori Kuliner ya bun atau masyarakat seoul ingin membuat resep ini semalat mencoba.

Mentari Asri Awallia

Author: Mentari Asri Awallia

Seorang penyanyi dangdut yang gemar menyanyi dan memasak, dan punya hobi terhadap hal-hal yang positif dan berguna untuk masa depan.