Presiden : Corona beri peluang percepat digitalisasi ekonomi

Bisnis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat kesempatan besar bagi Indonesia untuk memperluas ekonomi digital dengan memanfaatkan momentum Covid-19 pandemi. Menurut dia, potensi pasar digital di Indonesia sangat menjanjikan. Terutama di tengah pandemi, ketika lebih banyak orang menggunakan platform digital untuk melakukan transaksi. pemain UMKM juga dibantu oleh akses penjualan melalui platform digital.

“Penetrasi pasar internet setiap tahun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Infrastruktur Digital juga telah dibangun di seluruh negeri. Saya yakin ekonomi digital akan mampu menciptakan lapangan kerja yang lebih baru,” kata Presiden Jokowi di Google Untuk Indonesia 2020 di Rabu (18/11).

Jokowi melanjutkan, digitalisasi ekonomi juga secara otomatis mendorong UMKM untuk berkembang. Pemerintah mencatat, dari 64 juta pemain UMKM di Indonesia, hanya 8 juta atau 13 persen diintegrasikan dengan teknologi digital.

 

“Jika sepenuhnya terintegrasi dengan teknologi digital, pertumbuhan akan lebih besar,” kata Presiden.

Jokowi kemudian menyebutkan bahwa pemerintah telah mengambil langkah besar untuk UKM dukungan sehingga lebih Go Digital. Salah satunya, kata presiden, dengan persetujuan dari Undang-Undang (UU) Cipta Karya. Presiden mengaku, Kerja Copyright Act akan memungkinkan UKM untuk membuka bisnis baru. Selain itu, peraturan sebelumnya rumit juga telah disederhanakan melalui alam semesta ini beleid sapu.

“Peningkatan ekosistem bisnis akan terus dilakukan tidak hanya di penyederhanaan perizinan, tetapi juga akses ke pembiayaan. Pemerintah memiliki akses yang lebih mudah untuk UKM mendapatkan kredit usaha dengan bunga yang lebih rendah dengan persyaratan yang tidak memberatkan,” kata presiden Jokowi .

 

Sumber : https://era.id

Related Posts