Perlengkapan Yang Harus Dipenuhi Oleh Jasa Pemasangan Instalasi Listrik Jabodetabek

Jasa

jasa pemasangan instalasi listrik

Pemasangan instalasi listrik pada bangunan merupakan komponen yang sangat penting dalam menentukan hasil proyek yang sedang dilakukan tersebut. Karena memiliki tegangan yang sangat tinggi, pemasangan instalasi listrik ini harus dilakukan oleh orang – orang yang telah profesional di bidangnya. Kesalahan sekecil apapun dapat sangat berbahaya bagi orang – orang yang akan menggunakannya nanti.

Saat ini kita sudah sangat dimudahkan dengan adanya jasa pemasangan instalasi listrik. Pemasangan instalasi listrik dapat ditangani dengan teknik, alat – alat, dan bahan yang tepat. Apabila instalasi listrik dilakukan dengan baik dan benar, maka bangunan yang dibangun tersebut tentunya juga dapat berhasil sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Dalam melakukan pemasangan instalasi listrik, dibutuhkan perlengkapan yang lengkap dan sesuai dengan standar. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang harus dipenuhi oleh jasa pemasangan instalasi listrik Jabodetabek :

 

1. Sistem Tegangan Menengah

Perlengkapan pertama yang harus dimiliki oleh jasa pemasangan instalasi listrik Jabodetabek adalah Sistem Tegangan Menengah atau Sistem TM. Sistem TM sendiri terdiri dari cubicle, hantaran masuk, dan hantaran keluar. Hantaran yang digunakan disini merupakan hantaran dengan tegangan menengah dan biasanya dilengkapi dengan kabel N2XSBY atau XLPE. Sementara cubicle terdiri dari 3 bagian utama yaitu incoming, cadangan, dan cubicle outgoing. Untuk pengaman arus listrik, digunakan sekering dan LBS (Load Break Switch).

 

2. Alat Pembatas Dan Pengukur

Alat Pembatas dan Pengukur atau ATT merupakan perlengkapan listrik yang berfungsi untuk membatasi besarnya arus yang akan mengalir kepada konsumen sehingga daya terpasang yang telah ditentukan tidak akan dilewati. Apabila daya terpasang ini dilewati, maka pemutus akan secara otomatis langsung memutuskan arus listrik pada bangunan. Selain itu, alat – alat ini biasanya juga dilengkapi dengan alat – alat ukur untuk mengukur besaran listrik. Contohnya saja seperti tegangan listrik, arus, energi listrik, faktor kerja, dan lain sebagainya.

 

3. Sistem Tegangan Rendah

Sistem Tegangan Rendah atau Sistem TR ini terdiri dari beberapa perlengkapan listrik tegangan rendah, seperti untuk pembagian tegangan listrik, pengamanan, penyaluran, dan juga pengendaliannya. Pembagian tenaga listrik biasanya dilakukan di dalam panel listrik. Di dalam panel listrik untuk kebutuhan daya yang besar (Main Distribution Panel) biasanya akan dibagi menjadi dua segmen yang nantinya saling berhubungan dengan saklar pemisah. Yang satu akan mendapatkan saluran masuk dari APP dan yang satunya lagi dari genset atau sumber listrik sendiri. Tujuan dibagi menjadi dua segmen adalah supaya ketika sumber listrik dari PLN mati, maka suplai ke suplai yang dilakukan ke beban tidak akan terganggu dengan adanya listrik sendiri.

 

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai perlengkapan – perlengkapan yang harus dipenuhi oleh jasa pemasangan instalasi listrik Jabodetabek. Dengan menggunakan perlengkapan yang lengkap dan sesuai dengan standar, pemasangan instalasi listrik akan dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa lagi !

 

Related Posts