Pengertian Jurnal Umum: Tujuan, Manfaat, dan Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Bisnis

Kata jurnal umum berasal dari bahasa Perancis, yakni ‘Jour’ yang memiliki arti ‘hari’ . Jurnal umum adalah buku harian/formulis khusus yang digunakan untuk mencatat semua aktivitas transaksi sesuai urutan tanggal dan kronologis. Dengan mencantumkan kelompok akun, nominal transaksi, dan nama transaksi.

Penggunaan jenis buku jurnal disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan, sehingga jangan heran saat perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya melakukan pembukuan jurnal yang berbeda – beda. Dasar pemilihan buku jurnal mempertimbangkan efektivitas perusahaan dan faktor efisiensi.

 

 

Tujuan Jurnal Umum

Tujuan dari jurnal umum adalah untuk melakukan penilaian, identitas, dan pencatatan dampak ekonomi dari satu transaksi atau pun berbagai transaksi dalam perusahaan. Pencatatan tersebut mempunyai tujuan untuk memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun yang sesuai dengan akunnya.

 

 

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Bagi kalian yang ingin membuat jurnal, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai prinsip dasar pembuatan sehingga kita bisa lebih mudah dalam membuat jurnal umum. Berikut ini adalah prinsip dasar pembuatan jurnal umum, antara lain.

  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum sesuai yang tercatat di bukti transaksi.
  • Memilih penambahan atau pun pengurangan atas akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan perusahaan.
  • Memilih kredit akun atau pun debit yang terkait dengan transaksi yang dilakukan perusahaan.
  • Melaksanakan identitas bukti transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Contohnya saja adalah memo, nota, faktur, kuitansi dan lain sebagainya.
  • Memilih akun yang terpengaruh dengan transaksi yang terjadi serta membaginya dalam beberapa jenis. Contohnya saja jenis hitang, mode, atau pun harta.

 

 

Manfaat Jurnal Umum

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan saat membuat jurnal umum, antara lain.

  • Mengetahui akan adanya timbul pengurangan atau pun pertambahan suatu perkiraan.
  • Mengetahui jumlah yang di kredit atau di debet bahwa hal tersebut harus seimbang.
  • Mengetahui jumlah yang akan dicatatdi satu atau lebih perkiraan.
  • Membuat referensi supaya diketahui suatu jumlah sudah dilakukan posting ke perkiraan yang tepat pada buku besar dan sesuai dengan nomor perkiraannya.
  • Membyat tanda supaya bisa diketahui suatu jumlah sudah di posting ke perkiraan yang sudah tepat pada buku besar sesuai dengan perkirannya.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai jurnal umum. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaklumi dan dimaafkan. www.pintarnesia.com

Related Posts