Komponen Motor Mana Saja Yang Dapat Dibuat 3D Printing?

Mesin cetak atau printer telah* semakin modern* sekarang ini, sebab* sudah dapat* mencetak dengan format* tiga dimensi atau yang kerap dinamakan* 3D printing. Pemanfaatan teknologi ini juga dapat* dirasakan oleh dunia otomotif.

Patrick Christopher Panggabean dari Tridiku, spesialis 3D printing yang bertempat* di Surabaya, mengatakan, 3D printing dapat* diaplikasikan ke dunia otomotif dan memang telah* ada yang melakukannya.

Namun, menurutnya di Indonesia masih belum terdapat* yang memakai* metal 3D printer. Rata-rata masih mengandalkan material plastik.

Sedangkan guna* pengaplikasiannya, menurut* keterangan dari* Patrick, sekitar* ini* baru sebatas penciptaan* komponen aksesori saja. Belum laksana* di luar negeri yang sudah dapat* mencetak rangka, swingarm, dan komponen lainnya. “

Komponen motor yang dapat* dibuat dengan 3D printing, antara beda* grill lampu depan, wheel rim cover, grill speedometer. Itu yang ketika* ini sudah dapat* dan saya pun* pernah membuatnya,” ujar Patrick, ketika* dihubungi belum lama ini.

Di samping* itu, Patrick menambahkan, komponen lain laksana* tutup tangki bensin, sepatbor,dan fairing motor juga* juga dapat* dibuat dengan teknologi 3D printing di Indonesia.

Salah satu bengkel motor custom di Indonesia yang pernah memanfaatkan teknologi 3D printing ialah* Katros Garage. Andi Akbar, builder Katros Garage yang akrab disapa Atenx tersebut, mengatakan, dirinya pernah menciptakan* bracket lampu sein dan lumayan* puas dengan hasilnya.

Sumber : http://chilp.it/cfc8a7f

Related Posts