Kenapa Anak Saya Susah Makan? Ini Penyebabnya

Kesehatan

Sobat sehat, keluhan anak-anak susah makan ini merupakan keluhan sejuta umat. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Siapa disini orang tua yang punya anak kecil berusia 1, 2 atau 3 tahun yang susah sekali jika disuruh makan? Harus lari-lari, harus dikejar, lalu ketika disuapin, mulutnya ditutup seperti ini.

Akhirnya anda merasa jengkel dan memarahi anak anda.

Jadi beberapa orang tua sampai mengiming-imingi anaknya, “Ayo, kalau mau makan, nanti papa belikan mainan..!”. Ada juga yang memarahi anaknya, “Kalau tidak makan, tidak boleh main..!”. Ada juga yang bilang, “kalau tidak makan, nanti papa pukul..!” Sebenarnya, anda tidak boleh memaksakan kehendak anda terhadap anak anda.

Biasanya penyebab paling sering anak tidak mau makan, yang pertama adalah mungkin karena anak anda sedang dalam kondisi sakit. Biasanya mereka rewel.

Biasanya anak-anak yang sedang demam, kemudian sedang mengalami infeksi atau radang, mereka pasti rewel dan tidak mau makan. Jika kondisinya seperti ini, segera bawa anak anda ke dokter untuk diperiksakan.

Kemudian misalkan anak anda sedang dalam kondisi normal. Tetapi, mengapa dia tidak mau makan? Anak-anak itu cepat bosan, bapak ibu. Jadi apabila setiap hari diberikan pola makanan yang sama, mereka akan bosan dan tidak mau makan lagi. Dan kebanyakan orang tua menganggap, ‘Jika anak saya tidak makan nasi, berarti dia belum makan!’.

Padahal, sebelumnya sudah makan spaghetti, atau mungkin sudah makan pizza. Atau mungkin sudah makan makanan yang lain.

Ada juga kondisi dimana anak tersebut ditinggal dengan pembantunya, dibuatkan susu. .

Dan mungkin dalam satu hari mereka bisa minum sampai 10 botol susu. Apa yang terjadi jika anak tersebut sudah minum susu terlalu banyak? Anda bisa coba sendiri. Anda minum 2 gelas susu. Lalu, apakah anda masih mempunyai nafsu makan?

Coba perhatikan hal ini.

Jadi bagi para orang tua yang anaknya tidak mau makan, coba dilihat dulu.

Apakah anak itu bosan, atau apakah kelebihan minum susu?

Kenapa Anak Saya Susah Makan

Jadi begini, bapak ibu. Sebagai orang tua, kita tidak boleh 100% menuruti keinginan anak. Misalkan anak bapak ibu tidak mau makan, baik itu nasi, kentang ataupun mie. Tetapi anak anda minta kue yang manis-manis, misalnya. Atau maunya cuma makan permen. Kalau itu, jangan dituruti. Tetapi anda bisa mengajarkan anak anda atau mendampingi anak anda untuk makan makanan yang bergizi.

Contohnya anda makan buah-buahan.

Anda makan sayur-sayuran. Ajak anak anda makan.

Jadi jangan beralasan, ‘Oh, anak saya tidak bisa makan sayur..’. Tetapi anda sendiri makan mie instan di depan anak anda. Akhirnya, anak anda juga akan meniru anda. Karena ada pepatah yang mengatakan, ‘like father like son’.

Jadi anak-anak biasanya mengikuti apa yang orang tua lakukan. Dari cara duduk, cara tidur, cara berbicara, bahkan makanannya pun ditiru. Makanya ada yang bilang, ‘Orang tua saya diabetes, jadi saya juga ikut diabetes’.

Ya, itu karena pola makan anda sama. Untuk anda para orang tua yang masih belum percaya bahwa anak anda bisa makan sayur, bisa makan buah, bisa makan dengan baik. Anak ini harus diajari bagaimana caranya agar bisa makan sendiri. Seperti makan sayur. Kebanyakan anak-anak di Indonesia susah sekali jika disuruh makan sayur.

Lalu, mungkin ada yang bertanya seperti ini, ‘Dok, kalau vitamin bagaimana? Adakah vitamin untuk menambah nafsu makan?’ Jadi seperti ini.

Biasanya vitamin-vitamin yang dijual untuk menambah nafsu makan itu komposisinya adalah vitamin B Kompleks yang bisa anda dapatkan di mothercare blibli.

Jadi, sebenarnya bukan untuk menambah nafsu makan. Jadi apabila anak-anak mengkonsumsi vitamin B Kompleks, atau di dalam makanannya sudah terkandung vitamin B Kompleks, biasanya anak tersebut pencernaannya lebih baik.

Dan vitamin B ini dapat membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, protein, dan dapat diubah menjadi energi.

Akhirnya, anak tersebut akan merasa energinya lebih bertambah, tetapi mungkin menjadi lebih cepat lapar.

Namun lama-kelamaan ketika anak anda atau anda sendiri yang mengkonsumsi vitamin B Kompleks, tubuh anda akan terbiasa. Jadi tidak mudah lapar lagi.

Vitamin ini dapat anda berikan untuk anak anda, tetapi tujuannya bukan untuk menambah nafsu makan. Kembali lagi. Jika si anak bosan dengan pola makan yang seperti itu, pasti anak anda tidak akan mau makan. Jadi, dampingi anak anda. Makan bersama mereka.

Dan saya yakin, anak anda akan menuruti anda. Karena ada pepatah tadi yang mengatakan, ‘like father like son’. Oke, semoga video singkat ini dapat bermanfaat. Jadi, jangan kejar-kejaran lagi dengan anak anda. Ketika waktu makan, dampingi mereka.