Ketahui Macam-Macam Jenis Kaca Bangunan Rumah Anda

Ketahui Macam-Macam Jenis Kaca Bangunan Rumah Anda

Seoul City Blog – Mau membuat bangunan dari kaca, kamu harus Ketahui Macam-Macam Jenis Kaca Bangunan Rumah Anda yang cocok untuk lingkungan anda.

Kaca merupakan salah satu bagian terpenting untuk media dalam bangunan. Kaca merupakan bahan baku yang terbuat dari bahan yang bersifat cair namum memiliki kepadapatanyang tinggi dan struktur atom di dalamnya tidak berbentuk teratur seperti kristal atau gelas.

Bahan bahan yang diapakai biasanya untuk membuat kaca adalah Silicon dioxide atau yang disebut Silica (SiO2) dengan campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan titik leleh yang tidak terlalu tinggi dan dicamur lagi dengan bahan stabilisator supaya kuat.

Itulah mengenai komposisi yang digunakan untuk membuat sebuah kaca, pada kali ini kita akan membahas macam macam jenis kaca bangunan, bukan sembarang kaca ya.

Kaca bangunan biasanya memiliki sifat yang tembus pandang sehingga dapat meneruskan cahaya dan panasnya matahari dari luar jendela. Namun biasanya kaca yang dibuat tidak selalu temvus pandang, ada juga Jenis Kaca Bangunan yang dibuat sengaja tidak tembus pandang atau dengan kata lain semi tembus pandang ada juga yang tiadak sama sekali tembus pandang.

Kaca biasanya dibangun di area pintu, jendela atau dinding dan ada pula atap yang terbuat dari kaca. Salah satu kenapa sih harus ada kacfa di setiap ruangan? Jawabannya adalah untuk mengurangi kelembapan dari ruangan tersebut, agar masih ada cahaya atau udara yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Minyak Kelapa Secara Alami dari Sumbernya

Ada pula fungsi sebagai penerangan, karena jika ada cahaya matahari masuk melalui kaca maupun jendela, maka kita juga dapat mengehemat listrik agar tidak sedikit sedikit menyalakan lampu

Jenis kaca Bangunan Sesuai Kebutuhanya

Jenis kaca Bangunan Sesuai Kebutuhanya

Kaca Bening

Kaca bening merupakan kaca yang sering digunakan, kalian juga sering melihatnya bukan? Kaca bening ini merupakan kaca yang tidak berwarna dan menghasilkan permukaan yang halus dan rata juga bebas dari distorasi.

Kaca bening sering digunakan untuk eksterior rumah, kekurangan dari kaca bening ini adalah tidak mampu menahan dari panasnya sinar matahari, jadi biasanya digunakan sebagai perabotan atau aksesoris dalam rumah, biasanya digunakan sebagai akuarium, meja lemari dan barang lainnya.

Kaca Tempered

Kaca tempered merupakan kaca yang memilikikekuatan yang lebih besar dari kaca biasa pada umumnya bisa mencapai 3-5 kali kekuatannya. Kaca ini memiliki banyak plusnya yaitu dapat menahan terhadap tekanan air, dari kencangnya angin, terhadap benturan benturan dan tahan juga di cuaca yang memiliki suhu tinggi.

Kaca jenis ini biasanya digunakan di area pintu utama dalam sebuah gedung, sebagai partisi kamar mandi, dan tempat yang memerlukan tingkat keamanan yang tinggi.

Kaca Cermin / One Way

Kaca cermin ini sering kita lihat dimana mana. Kaca ini memiliki sisi tembus pandang pada satu sisi sedang pada sisi yang lainnya tampak seperti cermin, oleh karena itu kaca ini juga disebut kaca one way. Kaca ini memiliki lapisan oksida logam yang lapisannya tipis dan transparan.

Baca Juga :  Plakat Kayu Wisuda Sebagai Kenang-Kenangan Acara Wisuda

Kaca ini memiliki dungsi untuk memantulkan panas dan juga cahaya. Kaca ini juga terlihat mewah apabila ditaruh didepan rumah karena lucu juga ada kaca cermin yang didepan rumah.

Itu tadi macam macam Jenis Kaca Bangunan yang bisa kita jelaskan ya, maaf juga bila ada suatu informasi yang kurang dipahami atau kurang menarik. Tetapi ini adalah salah satu informasi yang aku berikan pada kalian tentang kaca yang tentunya bisa kalian padukan dengan kusen aluminium untuk menjadikan rumah anda lebih moderen dan minimalis.

You May Also Like

About the Author: Syarif Mudhoffar

Pemuda tampan dan berhati suci yang selalu taat kepada nilai norma-normal di masyarakat dan enterpreneur muda berkarya dengan kesukaan terhadap kota seoul.