Ingin Ganti HP dari iPhone ke Android? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Android vs iPhone

Android vs iPhone

Setelah sekian lama menggunakan hp yang sama, tentu terkadang kita merasa jenuh dan bosan. Ditambah lagi, jika hp sudah terlalu lama digunakan, maka tentu akan mengalami penurunan performa, salah satu yang paling terasa adalah hp menjadi lemot saat digunakan. Meskipun hanya digunakan untuk membuka aplikasi sederhana.

Jika sudah demikian, maka tidak ada salahnya untuk memutuskan membeli hp yang baru untuk menggantikan hp yang lama. Untuk mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan hp, tentunya kamu juga dapat beralih dari Android ke iPhone atau pun sebaliknya. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal berikut agar tidak bingung.

  1. Ekspor Kontak dari HP Lama

Saat membeli HP baru, tentu kamu akan mendapatkan kondisi HP kosong tanpa adanya kontak. Tentu saja kamu tidak ingin untuk mengisi kembali kontak yang kamu miliki secara satu persatu ke hp baru, karena tentu akan sangat merepotkan. Jika kamu beralih hanya dari HP android ke android, tentu kamu hanya perlu mengimpor kontak ke akun Google lalu kemudian menggunakan akun yang sama di hp yang baru.

Namun, jika kamu beralih dari Android ke iPhone, maka kamu dapat melakukan ekspor terlebih dahulu seluruh kontak yang kamu miliki dengan format .vcf lalu kemudian dapat langsung diimport ke hp kamu yang baru. Dengan demikian, seluruh kontak kamu akan berpindah secara otomatis tanpa harus melakukannya satu persatu.

  1. Backup File ke Cloud

Agar kamu tidak kehilangan seluruh file yang ada di HP lama, kamu dapat menggandakannya melalui beragam tempat penyimpanan Cloud, seperti Google Drive. Upload seluruh file kamu ke Google Drive, maka di HP baru kamu cukup menginstall aplikasi Google Drive dan dapat langsung mengakses file yang diinginkan.

Selain itu, kamu juga dapat membackup file di hp baru secara rutin ke Google Drive. Hal ini tentu saja dikarenakan salah satu kekurangan yang dimiliki iPhone adalah tidak adanya dukungan menggunakan memori penyimpanan eksternal. Sehingga kamu hanya dapat menggunakan memori internal saja.

  1. Install Aplikasi di HP Baru

Perlu diketahui, tidak semua aplikasi yang ada di HP Android di dukung juga pada sistem operasi di hp iPhone. Contohnya saja seperti aplikasi edit video android, tidak seluruhnya yang tersedia di Google Play Store juga tersedia di App Store. Untuk itu, agar tidak bingung saat akan menggunakannya, ada baiknya kamu cari alternatif aplikasi sejenis.

  1. Biasakan Diri

Jika kamu sama sekali belum pernah menggunakan hp iPhone, karena terlalu lama menggunakan android, tentu akan mengalami sedikit kebingunan diawal pembelian. Namun tidak masalah, karena itu adalah suatu hal yang wajar. Kamu cukup membiasakan diri kamu dalam mengoperasikannya.

Termasuk juga untuk beberapa fitur yang mungkin kamu dapatkan di Android, tapi tidak kamu temukan di iPhone. Kamu harus membiasakan diri untuk hal tersebut. Karena memang untuk masing-masing jenis sistem operasi memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing.

Nah, jika semuanya telah kamu pahami, maka tidak perlu ragu lagi untuk beralih ke smartphone yang baru. Selain beberapa hal di atas, perhatikan juga spesifikasi hp yang baru dan kondisi nya, jangan sampai menyesal setelah pembelian.

Related Posts