Cara Menggunakan Kartu STP Untuk Bepergian Di Singapura

Wisata

Posisi Singapura yang berada di jalur perdagangan dan pelayaran internasional membuatnya juga menjadi salah satu tempat tujuan wisata dunia. Sebagai salah satu destinasi wisata dunia yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, Singapura menawarkan berbagai wisata yang sangat menarik. Selain itu, ada banyak agen wisata yang menjadikan negara ini sebagai salah satu destinasi favorit dalam paket wisata Asia.

Untuk menunjang pariwisata dan perekonomian, Singapura memiliki sistem transportasi yang bagus dan saling terhubung satu sama lain. Sistem transportasi di negara Singapura sudah cukup modern salah satunya dari segi pembayaran dimana sistem cashless sudah cukup banyak dilakukan. Salah satu contoh sistem cashless dalam sistem transportasi di Singapura adalah digunakannya kartu EZ-Link dan kartu STP sebagai sistem pembayarannya.

EZ-Link adalah kartu yang berfungsi sebagai tiket untuk berbagai moda transportasi di Singapura dimana biasanya digunakan oleh warga lokal. Sementara itu, untuk para wisatawan dari luar negeri, kartu transportasi yang digunakan adalah kartu STP atau Singapore Tourist Pass. Kartu STP memiliki fungsi yang sama dengan EZ-Link yaitu sebagai tiket untuk menggunakan berbagai transportasi umum di Singapura.

Singapore Tourist Pass atau kartu STP bisa didapatkan di berbagai tempat seperti loket bandara hingga balai kota. Sedangkan untuk cara menggunakan kartu STP untuk naik transportasi umum di Singapura adalah sebagai berikut:

Cek dulu jenis pemakaian pada kartu STP

Ketika membeli kartu STP, anda diharuskan membayar deposit sebesar 10 dollar Singapura dan biaya pemakaian. STP biasanya terdiri dari tiga jenis pemakaian yaitu 1 Day Pass, 2 Day Pass, dan 3 Day Pass. Masing-masing memiliki biaya pemakaian yang berbeda mulai dari 10 dollar hingga 20 dollar, jadi pastikan dahulu jenis pemakaian kartu anda.

Cari dan masuklah ke stasiun MRT terdekat

Kedua, setelah memastikan jenis pemakaian kartu STP, maka carilah stasiun MRT terdekat untuk memulai perjalanan berkeliling Singapura. Biasanya, untuk menemukan stasiun MRT di Singapura tidak terlalu sulit dan cukup bertanya pada orang sekitar anda saja. Cara lainnya yang tidak begitu merepotkan orang lain adalah dengan menggunakan google dan situs maupun aplikasi map online lainnya.

Masuklah ke dalam stasiun MRT dan tap in untuk masuk

Ketiga, setelah menemukan lokasi stasiun MRT terdekat dari lokasi anda, maka masuklah ke dalam stasiun MRT tersebut. Agar bisa masuk ke dalam, gunakan kartu STP untuk melewati pintu yang menuju ke dalam peron stasiun MRT. Caranya cukup dengan tap in atau letakkan kartu STP pada mesin di pintu menuju peron stasiun MRT.

Ketika kereta MRT datang, masuk dan perhatikan tujuan

Keempat, setelah kereta MRT datang, masuklah ke dalam kereta MRT untuk melakukan perjalanan untuk berlibur di Singapura. Selama perjalanan selalu hati-hati dengan semua barang yang anda bawa dan nikmati perjalanan dengan tenang. Disamping itu, jangan lupa untuk melihat stasiun pemberhentian selanjutnya yang akan anda tuju dalam perjalanan tersebut agar tidak terlewatkan.

Turun dari kereta dan jangan lupa tap kartu

Terakhir, saat kereta telah sampai di stasiun MRT terakhir yang terdekat dari tempat tujuan anda segeralah turun. Namun, saat turun, jangan lupa untuk tap kartu STP pada mesin yang ada di arah pintu keluar dari stasiun MRT. Tap in kartu pada mesin tiket tersebut cukup sekali saja agar tidak mengalami error dan jika error segera hubungi petugas.

Selain MRT, kartu Singapore Tourist Pass atau STP bisa digunakan untuk beberapa transportasi lain seperti bus atau LRT. Cara penggunaannya pun sama pada bus cukup lakukan tap in ketika memasuki bus dan tap lagi ketika akan meninggalkan bus.

Related Posts