Cara mengetahui toko online itu terpercaya atau tidak

Bisnis
Anda sedang ingin berbelanja online? Tapi takut tertipu untuk berbelanja melalui internet? Memang kita harus selalu berhati-hati dalam bertransaksi di dunia maya. Hal itu karena kita tidak secara langsung melakukan transaksi dengan seseorang atau di suatu toko.
Pada kesempatan kali ini, BukanUsaha.blogspot.com sebagai blog Tips Usaha Internet akan memberikan informasi mengenai cara mengetahui toko online terpercaya atau penipu. Dengan begitu, kami berharap info yang kami berikan ini akan meminimalisir resiko terjadinya penipuan online.
cara-mengetahui-toko-online-terpercaya-atau-penipu
Bagaimana cara cek toko online terpercaya? Bagaimana cara membedakan online shop penipu dan toko online yang terpercaya? Bagaimana cara terhindar dari penipuan jual beli online? Mungkin itu adalah beberapa pertanyaan dibenak Anda ketika akan atau sedang melakukan belanja online.
Berikut ini beberapa hal yang harus kita perhatikan saat berbelanja di internet pada sebuah online shop / toko online versi pokerplayerz.info :
cek-lewat-polisi-online
Cek melalui website PolisiOnline.com
Cara mudah untuk mengetahui toko online yang terpercaya adalah dengan mengeceknya di PolisiOnline.com. Polisionline.com merupakan situs yang mendaftar toko-toko online yang terpercaya. Disana anda akan diberikan informasi mengenai mana saja online shop yang dapat dipercaya. Polisi online juga akan memberi informasi mana saja toko online yang melakukan penipuan.
Cara mengecek toko online adalah anda tinggal masukkan alamat URL toko online di pencarian. Nah setelah itu anda akan mengetahui apakah toko online itu terdaftar sebagai toko online terpercaya atau penipu.
Sebagian toko online sudah mendaftar di Polisionline.com sebagai toko yang terpercaya, namun ada juga toko online yang sebenarnya terpercaya namun belum terdaftar di Polisionline.com. Jadi cara ini juga masih belum sempurna.
Cara ini biasanya untuk toko online yang sudah memiliki website sendiri. Untuk toko yang menjual barangnya melalui Facebook, OLX, Forum jual beli Kaskus, dan sebagainya sepertinya belum bisa dicek. Untuk itu anda harus jeli dan cari cara lain untuk mengetahui apakah itu terpercaya atau tidak.
tampilan-website-online-shop
Cek dari website tersebut
Anda bisa menerka-nerka, menimbang, mencurigai, meyakini suatu toko online dari URL alamat websitenya. Pada umumnya, online shop yang profesional akan memiliki alamat dengan akhiran .com atau .co.id, atau .net yang memiliki domain berbayar bukan domain gratisan macam blogspot.com, wordpress.com, weebly.com, webs.com dan sebagainya. Contoh toko online terpercaya Amazon.com
Dari segi penataan dan tampilan website, toko online yang bagus akan menata websitenya secara profesional bukan asal jadi. Barang-barang yang ditampilkan banyak dan ditata dengan rapi.
Namun cara ini juga menurut saya tidak sepenuhnya benar. Karena kadang ada penjual yang ingin berjualan dan membuat toko online tanpa ingin mengeluarkan tambahan biaya. Jadi penjual tersebut memilih domain yang gratis. Tampilan juga tidak selalu bisa kita andalkan. Karena ada penjual yang belum pandai mengotak atik website jadi tampilannya alakadarnya. Sebaliknya, ada penipu yang memang mahir menata secara rapi barang jualanan fiktif agar disangka terpercaya. Jadi kita harus mencari cara lain lagi untuk mengecek toko online yang terpercaya.
alamat-toko-online-jelas
Cek Alamat Toko Online atau Si Penjual
Meskipun terkadang toko online tidak memiliki toko fisik, tentunya ada alamat gudang tempat menyimpan barang dagangan, atau alamat orang yang bisa didatangi jika ada terjadi komplain yang tercantum pada website toko onlinenya. Dengan begitu bila terjadi penipuan, kta bisa melaporkan ke pihak berwenang untuk datang ke tempat tersebut dan meminta menindak pelaku penipuan tersebut.
saluran-komunikasi
Saluran yang Bisa Dihubungi
Online shop yang terpercaya akan memberikan pilihan saluran yang bisa dihubungi dengan lengkap. Ada Nomor telepon kantor, rumah, handphone, email, BBM, WhatsApp, Ym, dan sebagainya.
Ciri Toko Online Penipu :
  • Menggunakan nama domain (url/alamat website) gratisan (misalnya: namatoko.wordpress*com, namatoko.blogspot*com, namatoko.webs*com, dll).
  • Tampilan website terkesan ala kadarnya (tidak sesuai untuk sebuah perusahaan besar dengan ribuan produk serta modal ratusan hingga miliaran)
  • Hanya memberikan nomor telepon HP bukan telepon rumah atau kantor
  • Tidak mencantumkan alamat yang jelas
  • Customer service yang sulit dihubungi
  • Produk dijual dengan harga murah, dibawah standar
  • Admin (customer service) lebih agresif dari biasanya, atau sebaliknya terkesan enggan untuk memberikan jawaban pada pertanyaan kita
  • Terkesan tertutup dan menyembunyikan diri identitas

 

Dikutip dari beberapa sumber
Perlu diperhatikan, bahwa cara-cara tersebut di atas tidak memastikan kita bisa terhindar dari penipuan jual beli online. Berdoa adalah cara paling benar agar kita dilindungi dari hal-hal yang tidak kita inginkan semisal penipuan toko online.
Demikian beberapa cara mengetahui toko online terpercaya atau penipu yang bisa kami sampaikan di blog Ide Bisnis Modal Kecil. Semoga bermanfaat.

Related Posts