Cara Menarik Pelanggan dengan Menggunakan Diskon

Bisnis

Group of coupon

Diskon sangat efektif dalam mendorong penjualan, dan itu dapat dikaitkan dengan tiga hal berikut:

  • Mendorong pelanggan untuk membeli karena mereka merasa memiliki waktu yang terbatas untuk memiliki produk tersebut
  • Mengurangi risiko untuk mencoba merek baru, apalagi dari para kompetitor
  • Menghindari kurangnya aspek penjualan dalam bisnis Anda

Diskon, penjualan, dan waktu terbatas lainnya menawarkan perasaan urgensi sebagai pembeli. Urgensi membuat kita membeli hari ini, bukan bulan depan atau tidak sama sekali.

Itulah yang membuat diskon sangat kuat untuk melakukan akuisisi pelanggan pada khususnya.

Dengan ribuan merek e-commerce di luar sana i, pembeli online harus mengambil risiko yang besar ketika membeli dari merek baru yang belum diuji. Diskon – bahkan dengan nominal kecil – dapat mengurangi risiko itu dan membantu pembeli merasa lebih percaya diri dalam memberikan kesempatan pada bisnis Anda.

Dalam dunia penjualan, urgensi penawaran waktu terbatas menciptakan sebuah ilusi bagi pembeli yang melewatkan diskon; mereka membeli produk yang diinginkan dengan cepat untuk menghindari harga naik di kemudian hari.

Diskon untuk menemukan calon pelanggan potensial

Saat ini, terdapat banyak jenis diskon, jadi penting untuk mempertimbangkan apa tujuannya untuk penjualan Anda sebelum memutuskan untuk melakukan diskon. Keempat jenis diskon ini adalah yang terbaik untuk menarik pelanggan baru.

  1. Diskon pesanan pertama

Diskon pesanan pertama atau yang biasa disebut dengan first order adalah tren dari toko online saat ini. Singkatnya, Anda menawarkan diskon baru kepada pelanggan baru untuk pembelian pertama mereka dari toko Anda.

Salah satu hambatan terbesar bagi setiap toko online baru adalah membuat pelanggan cukup mempercayai Anda untuk menyerahkan informasi pembayaran mereka, terutama ketika mereka tidak dapat melihat atau menyentuh produk Anda secara langsung. Diskon jenis ini dapat mengurangi sebagian dari risiko itu, sehingga pelanggan tidak akan rugi ketika mencoba sesuatu yang baru.

Kombinasikan diskon ini dengan layanan pelanggan terbaik, serta kebijakan pengembalian produk yang adil, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk memenangkan kepercayaan dan loyalitas para calon pelanggan potensial tersebut.

  1. Beli satu produk dan dapatkan diskon untuk satu produk lainnya

Secara umum, para pelanggan produk gratis ketimbang diskon. Cukup dengan menggunakan kata gratis dalam promosi Anda, hal ini dapat mendorong lebih banyak pelanggan untuk membeli produk yang Anda miliki.

Sebagai contoh, “beli satu, dapatkan satu secara gratis” penjualan kurang lebih sama dengan diskon 50% untuk dua item – tetapi mereka terdengar jauh lebih baik bagi pelanggan.

  1. Gratis ongkos kirim

Menurut beberapa ahli, biaya pengiriman yang tinggi atau tidak terduga adalah penyebab terbesar ditinggalkannya keranjang belanja pada toko online. Cara Anda mengelola pengiriman dapat memenangkan atau kehilangan pelanggan Anda, dengan sendirinya.

Semakin banyak pelanggan membayar biaya pengiriman (yang mungkin atau mungkin tidak dapat dikembalikan), semakin banyak mereka harus memasang “saluran” sebelum menyentuh produk tersebut. Dan ketika biaya pengiriman tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, maka pelanggan tidak akan mempercayai bisnis Anda. Itulah mengapa menawarkan diskon pengiriman gratis dapat membantu menarik minat para calon pelanggan baru.

  1. Diskon bundel

Jika Anda memberikan terlalu banyak opsi (kadang-kadang bahkan hanya tiga atau empat), konsumen mungkin menghabiskan waktu berbulan-bulan mencoba untuk memilih yang tepat.

Oleh karena itu, diskon bundel adalah salah satu cara Anda dapat mengatasi permasalahan tersebut dan juga menjadikannya efektif bagi pelanggan baru untuk mencoba berbagai opsi yang ditawarkan oleh toko online Anda.

Contohnya, Anda menjual jam tangan Casio, maka Anda dapat menawarkan bundle yang berisi tali jam cadangan, baterai cadangan, box serbaguna, dan lain sebagainya.

Beberapa kesalahan diskon yang harus dihindari

Beberapa pemilik bisnis toko online berpikir bahwa diskon membuat merek Anda lebih murah dan membuatnya lebih sulit untuk dijual dengan harga reguler. Yang lain mengatakan diskon adalah satu-satunya cara untuk menjual produk secara online dengan lebih cepat.

Kenyataannya, menawarkan item diskon secara konstan dapat menarik perhatian calon pelanggandan mempertahankan pelanggan lama Anda.

Untuk mengatasi itu, hindari beberapa kesalahan diskon yang paling umum:

  • Menawarkan diskon tanpa tujuan yang jelas
  • Tidak mempertimbangkan margin keuntungan Anda
  • Menawarkan diskon setiap hari
  • Gagal mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia

Jadilah cerdas tentang bagaimana dan kapan Anda menawarkan diskon, dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk memenangkan lebih dari pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama pada bisnis toko online Anda.

Related Posts