Cara Membuat Spiku Lapis Surabaya Sesuai Resep Terbaik

kuliner

Halo teman-teman selamat datang di artikel ini dengan pembahasan Cara Membuat Spiku Lapis Surabaya Sesuai Resep Terbaik dengan variasi yang berbeda-beda. Cara yang akan saya berikan adalah hasil dari resep mimin sendiri, sesuai pengalaman yang mimin lakukan, jadi bisa juga anda kembangkan atau sesuaikan dengan selera masing-masing sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing sobat.

Sebagai bahan pembuatannya, kue tradisional ini menggunakan beberapa bahan tradisional, demikian pula cara yang sering kita gunakan untuk membuat kue tradisional. Meski kue ini merupakan kue tradisional, mimin yakin semua orang pasti menyukai sajian yang satu ini. Hanya pola pikir orang tua yang membuat kue tradisional jatuh. Padahal kue tradisional juga merupakan kue yang perlu dilestarikan agar anak cucu tahu apa itu makanan tradisional Indonesia. memang kue tradisional ini sangat istimewa sobat. tidak perlu diragukan lagi spiku merupakan roti tradisional.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, mimin akan mengulas dan memberikan Cara Membuat Spiku Lapis Surabaya Sesuai Resep Terbaik nagasari yang mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Mimin yakin sobat bisa melakukannya dirumah sendiri. Karena cara melakukannya tidak sesulit itu bahkan mimin bilang sangat mudah. Tergantung kesabaran masing-masing teman untuk melakukannya. Tapi itu juga tergantung niat, karena niat merupakan salah satu faktor terpenting dalam menyukseskan sesuatu

Nyatanya, kita tidak perlu berpikir bahwa makanan tradisional sudah ketinggalan zaman. Karena jati diri bangsa sebenarnya bersumber dari tradisi yang ada serta hasil karya dan prakarsa nenek moyang kita. Kita perlu menjaga semua karya mereka yang penuh harapan dan aktif agar kita memiliki identitas kita sendiri dan tidak mengikuti budaya orang lain, dan kita bahkan tidak tahu asal-usul budayanya. Kita harus berpegang pada budaya kita sendiri lebih dari mencintai budaya lain. Kita harus memiliki prinsip kita sendiri untuk menjalani hidup sesuai harkat sebagai manusia Indonesia.

Cara Membuat Spiku Lapis

Spiku termasuk makanan tradisional yang memiliki nilai gizi yang menyehatkan.. Makanan yang sehat dan bergizi tidak perlu mahal. Banyak makanan tradisional yang bermanfaat dan menyehatkan, seperti nasi uduk yang kaya protein karena ayam, telur, kacang-kacangan dan makanan lainnya. Begitu pula dengan makanan hewani seperti makarel, sarden, lele, lele dan belut juga tinggi Omega 3. Hampir sama dengan yang terkandung pada ikan salmon yang harganya jauh lebih mahal. Sungguh menarik sekali faktanya ya kan.
Selama ini kita salah menilai makanan tradisional kita sendiri. Oleh karena itu, masyarakat mulai menyadari kebangkitan bangsa di bidang gizi. Hal tersebut harusnya kita kembali pada kecintaan akan makanan tradisional Indonesia yang sehat dan berserat tinggi. Dengan mengembangkan potensi pangan tradisional, selain menjamin ketahanan dan kedaulatan pangan negara kita juga secara tidak langsung akan memberdayakan petani dan pelaku ekonomi nasional.

Bahan Membuat Spiku

untuk bahan membuat spiku mimin bagi menjadi 5 jenis bahan agar lebih mudah dipahami ya sob.
Bahan A :

  • 80 gr gula pasir;
  • 10 butir kuning telur;
  • 2 butir putih telur;
  • 1 sendok teh pasta vanilla.

Bahan B :

  • 20 gram tepung maizena;
  • 20 gram susu bubuk;
  • 60 gram tepung terigu segitiga.

Bahan C :

  • 80 gr butter (mimin pakai merek wijsman);
  • 1 sdm susu kental manis putih (optional);
  • 60 gr margarin (mimin pakai merek blueband cake and cookies).

Bahan D :

  • 1 sendok teh pasta coklat.

Bahan E :

  • selai rasa apapun secukupnya saja untuk olesan diatasnya.

 

Langkah-Langkah Membuat Spiku

Pernahkah Anda mendengar tentang Spiku Surabaya, Surabaya? Kue berlapis empuk ini jelas merupakan kue khas kolonial Belanda. Tapi tolong jangan salah paham. Di negara asalnya Belanda, kue jenis ini bukanlah kue tradisional, dan sulit ditemukan di buku resep Belanda kuno. Setelah diteliti, resep kue klasik ini dibuat dengan bumbu khas Indonesia yang menggunakan bumbu Belanda. Inilah asal mula kue lapis yang menjadi spikoe terkenal di surabaya.
Spikoe atau Spekkoek, dari bahasa Belanda artinya lemak babi bila dibagi lagi menjadi spek, dan kue artinya koek. Oleh karena itu, Spekkoek adalah kue berlapis yang bentuknya seperti lemak di perut babi. Ada sisi gelap dan sisi cerah. Lalu, apakah resep aslinya benar-benar menggunakan bahan babi? Tidak, ya ini hanya kata atau namanya saja.
Dulu penjajah Belanda membuat kue ini, yang kemudian diadaptasi oleh keturunan Tionghoa di Indonesia dengan menggunakan bumbu khas Indonesia. Kayu manis, cengkeh, pala dan adas termasuk dalam resep kue bumbu. Pernahkah Anda merasa bahwa Anda makan sajian seolah-olah rasanya berbeda, dan kami tidak menemukannya di kue lain? Ya, inilah peran rempah-rempah dalam pembuatan kue.

Silahkan sobat simak langkah membuat spiku berikut ini ya sobat :

  1. Siapkan loyang bersekat 3 ukuran 24 cm atau ukuran 22 cm. Olesi loyang dengan margarin, lalu tutup dengan kertas roti. Kemudian sisihkan.
  2. Mixer dengan bahan C kecepatan sedang untuk kelembutan dan hingga berkilau. Kemudian sisihhkannyisihkan. * Klau pake metode mentega cair. Jangan sampai mentega benar-benar panas, jangan sampai mentega bersih, cukup lelehkan bagiannya, sisanya akan mengikuti cairan sehingga mentega tidak akan habis menguap karna panas. Sobat bisa menggunakan mixer roti yang sangat awet untuk mencampur adonan.
  3. Haluskan kuning telur + putih telur + gula pasir, dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata, lalu tingkatkan kecepatan secara bertahap hingga putih, kental dan mengembang, aduk selama ± 15 menit (sesuai masing-masing mixer ya). Kemudian tambahkan pasta vanilla.
  4. Kurangi ke kecepatan terendah. Cepat masukkan bahan B yang telah diayak selama 1 sdm. (Jangan tambahkan semuanya sekaligus, maka adonan akan rontok).
  5. Kemudian masukkan mentega yang sudah ada di mixer atau langsung lelehkan. Matikan mixer. Aduk perlahan untuk menyebarkan dan meratakan.
  6. Timbang adonan lalu bagi 3. Tuang adonan biasa dalam 2 bagian ke dalam cetakan. Tambahkan sisa adonan dengan pasta coklat, aduk rata, lalu tuang adonan ke dalam loyang.
  7. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang pada suhu 180 ° C selama 40-50 menit (sampai berwarna cokelat keemasan di atasnya). Saya menggunakan oven tangkring jadi butuh waktu lama untuk memanggangnya. Resep asli dipanggang pada suhu 200 ° C selama 20 menit (mimin coba pake oven mimin yang kurang sesuai akhirnya hasilnya retak, sesuaikan sja suhu dan lama panggangannya).
  8. Setelah matang, jangan langsung dikeluarkan dari oven. Biarkan di dalam oven selama 10 menit. Agar adonan tidak kaget dan kusut.
  9. Kemudian balikkan adonan di atas rak dan keluarkan loyang dengan hati-hati. Biarkan dingin, lalu ratakan selai dan tumpukannya. Rapikan sisi-sisinya agar tetap rapi. Siap untuk disajikan.

Untuk membagi adonan secara rata dan memiliki bentuk yang presisi sobat bisa menggunakan mesin pembagi adonan yang sangat cocok digunakan untuk membagi adonan kue sobat.

Tentang Spiku

Surabaya sebagai kota perjuangan nasional menyisakan banyak cerita sejarah yang tidak lepas dari masa penjajahan. Peradaban dan budaya asimilasi untuk menciptakan nilai-nilai unik. Ibarat mengatakan bahwa bersenang-senang dulu, itu adalah proses yang harus ditempuh untuk mencapai keunikan yang menjadi cermin asimilasi budaya. Ternyata, pertukaran budaya Barat dan nusantara juga berpengaruh pada bidang kuliner Tanah Air. Salah satunya, kue spekkoek atau sering disebut spiku oleh orang awam.

Asal usul kue Spekkoek masih dalam pembahasan karena tidak ada data spesifik yang tersedia. Namun kehadiran Spekkoek diyakini telah masuk ke Indonesia bersama Belanda. Selama ini bangsawan rutin mengadakan jamuan makan siang bersama dengan kue spekkoek atau sering disebut kue seribu lapis dengan warna kekuningan dan kecoklatan.

Kue lapis yang masuk ke Indonesia dibuat berlapis-lapis dan disebut lapis legal karena rasanya yang manis. Namun, saat ini telah berkembang menjadi varietas yang berbeda, membuat dua atau tiga lapis dengan tambahan kismis, plum, keju, almond, dan sebagainya.

Selain Spekkoek, juga ada kue serupa dari benua Eropa lainnya sebelum Belanda mendatangkannya ke Indonesia. Sebut saja Dobos Torte dari Hongaria, yang dibuat pertama kali pada tahun 1885 dan telah menjadi kue pionir yang bertahan lebih lama dari makanan panggang lainnya yang pernah dibuat selama ini.

Ada pula Baumkuchen, kue tradisional dari daerah Slazwedel Jerman yang berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya menyerupai donat. Lapisan adonan seperti lapisan kambium batang pohon saat dipotong. Seiring berjalannya waktu, cookies tersebut mempengaruhi proses transformasi Spik, yang kini bisa disantap di Indonesia.

Lapis legit merupakan salah satu masakan mutakhir yang olahannya berasal dari negara-negara Barat kemudian dipadukan dengan bumbu asli Indonesia seperti kayu manis, kapulaga, vanili dan lain sebagainya. Alangkah bersyukurnya mereka, WNI memiliki kekayaan alam yang melimpah untuk dipadukan dengan berbagai makanan lezat.

Sekarang Spiku telah menjadi salah satu kue favorit semua orang, baik anak-anak maupun dewasa. Saat acara spesial seperti Natal, Idul Fitri dan Tahun Baru Imlek, banyak orang yang menantikan kue Spiku sebagai lauk. Spiku hadir di komunitas sebagai simbol merayakan komunitas di hari besar bersama keluarga ini.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Related Posts