Cara Membuat Keripik Biji Durian yang Renyah dan Tahan Lama

kuliner

Buah durian adalah buah yang sangat disukai semua orang. Rasa manisnya membuat buah ini dijuluki raja buah.

Saat ini, menikmati buah durian tidak hanya dengan memakan buahnya secara langsung, tetapi juga dapat dibuat dengan berbagai kreasi seperti durian dodol, kue durian dan sebagainya.

Sebagai buah musiman, durian umumnya hanya berbuah selama kurang lebih 3-4 bulan, sekitar bulan November hingga Januari setiap tahunnya.

Jika buah durian selalu diburu untuk dinikmati dengan berbagai makanan olahan, bagaimana dengan bijinya?

Nah, saat ini masih musim durian dan karena blog ini berisi info tentang Resep Masakan, maka di sini ada sedikit ulasan tentang cara membuat keripik biji durian dan cara mengolahnya.

1. Cara membuat keripik biji durian

Bahan:

  • 1 kg biji durian, masih segar, cuci bersih dan abrasif
  • 1500 ml air
  • 25 ml air kunyit
  • 160 gram kapur sirih

Bubur:

  • 20 gram bawang putih
  • 5 gram kemiri
  • 15 gram garam
  • 250 ml minyak goreng

CARA MEMBUAT KERIPIK BIJI DURIAN:

  1. Bersihkan biji durian dengan air mengalir sampai tidak ada lagi bagian yang licin yang disebabkan oleh daging buah yang tertinggal.
  2. Irisan biji durian tipis-tipis dengan ketebalan 1-2 mm, Anda juga bisa menggunakan alat perajang keripik  untuk membuatnya lebih cepat.
  3. Cuci biji durian yang telah diiris dengan air mengalir bersih untuk mengurangi lendir yang ditemukan di biji durian.
  4. Rendam irisan biji durian dengan air kapur sirih dicampur dengan air kunyit, diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci lagi dengan air mengalir bersih dan tiriskan.
  5. Campur bawang putih, garam dan kemiri dengan sedikit air, lalu rendam irisan biji durian dengan campuran air campuran ini. Diamkan selama sekitar 5-10 menit agar bumbu lebih meresap.
  6. Goreng irisan durian hingga berwarna cokelat keemasan, lalu tiriskan.
  7. Keripik biji durian siap dimakan. Lezat.

catatan:

Untuk menjaga kerenyahan keripik biji durian, simpan keripik di tempat kedap udara seperti di ruangan ber AC yang baru saja dibenahi oleh tim service ac jogja atau Anda juga bisa menggunakan plastik yang tertutup rapat dan meletakkannya di tempat yang kering.

Manfaat Biji Durian:

  1. Meningkatkan stamina

Khasiat biji durian pertama adalah sebagai biji buah yang mampu meningkatkan stamina.

Kandungan energi alami dalam biji buah ini dapat membantu tubuh Anda tetap kuat dan sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Anda tidak akan mudah merasa lelah dan lelah serta gejala kelelahan lainnya.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Khasiat biji durian sangat baik untuk kesehatan tulang. Siapa sangka dalam biji buah ini mengandung sejumlah kalsium dan senyawa sehat lainnya yang dapat memberikan asupan nutrisi bagi tulang.

Tulang Anda tidak hanya sehat, tetapi juga kuat. Jangan tunggu sampai Anda menderita osteoporosis, mulai berikan nutrisi ke tulang mulai sekarang.

  1. Gigi yang sehat

Kemanjuran biji durian yang satu ini mampu membuat gigi Anda lebih sehat. Gigi dan tulang memiliki struktur jaringan yang sama, jadi jika biji ini baik untuk tulang Anda, mereka juga baik untuk kesehatan gigi Anda.

Gigi Anda akan lebih kuat dan terlindungi dari sakit gigi. Tentu itu juga perlu diimbangi dengan menjaga rutinitas menyikat gigi dengan rajin setiap hari.

  1. Buang lemak

Khasiat biji durian dapat membuat lemak berlebih di tubuh Anda. Lemak adalah bagian dari tubuh yang menumpuk karena banyak makanan tidak sehat yang Anda konsumsi ditambah dengan kurang olahraga.

Related Posts