Cara Membeli Tiket Shinkansen Untuk Berpergian Di Jepang

Wisata

Negara Jepang adalah salah satu negara maju di Asia Timur yang terkenal dengan berbagai hal terutama di perkembangan teknologinya. Perkembangan teknologi di negeri matahari terbit tersebut cukup pesat di banyak bidang termasuk diantaranya teknologi di bidang transportasi. Disana terdapat banyak sistem transportasi modern dengan berbagai kecanggihannya dimana salah satunya adalah kereta peluru atau disebut Shinkansen.

Shinkansen atau kereta peluru merupakan salah satu sistem transportasi massal yang banyak digunakan untuk berpergian di negara Jepang. Kereta peluru atau Shinkansen ini adalah jenis kereta yang bisa melaju sangat cepat dengan kecepatan tertinggi mencapai 320 km/jam. Karena kecepatannya yang sangat cepat tersebut, shinkansen menjadi pilihan selain pesawat untuk berpergian antar kota di Jepang.

Untuk menggunakan shinkansen, para penumpang harus membeli tiket kereta baik secara langsung maupun secara online. Jenis tiket yang bisa dibeli adalah jiyuseki (non-reservasi) dan shiteiseki (reservasi) dimana tempatnya berada di gerbong yang terpisah. Tiket reservasi atau shiteiseki biasanya bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan hingga jangka waktu sebulan sebelumnya.

Bagi calon penumpang shinkansen, untuk membeli tiket bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini:

Beli di counter tiket

Cara pertama untuk membeli tiket shinkansen yang paling umum adalah membelinya secara langsung ke stasiun kereta terdekat di Jepang. Hampir semua stasiun JR baik stasiun utama maupun stasiun kecil terdapat counter tiket untuk membeli tiket shinkansen. Pembelian dan pembayaran tiket dilakukan di counter dan bisa menggunakan kartu kredit maupun pembayaran secara langsung atau cash.

Beli tiket di mesin tiket

Kedua, cara yang bisa dilakukan untuk membeli tiket shinkansen adalah dengan mencari mesin tiket kereta. Pembelian dengan menggunakan mesin tiket biasanya lebih mudah karena terdapat bahasa Inggris dalam menu mesin sehingga memudahkan pembelian. Walaupun begitu, kebanyakan mesin pembelian tiket di Jepang hanya tersedia untuk membeli tiket jiyuseki atau tiket non-reservasi.

Pesan tiket secara online

Ketiga, selain membeli di counter dan mesin tiket, calon penumpang juga bisa memesan atau membeli tiket secara online. Tetapi, untuk pemesanan online, semua website nya menggunakan bahasa Jepang dan belum ada pilihan website berbahasa Inggris. Selain itu, kecuali untuk shinkansen jalur Tokaido, semua pembelian secara online masih belum menggunakan e-ticket

Gunakan IC Cards

Keempat, untuk pembelian tiket, bisa juga menggunakan IC Cards namun sejauh ini hanya untuk beberapa jalur shinkansen saja. Sejauh ini baru ada tiga sistem shinkansen di negara Jepang yang bisa menggunakan IC Cards sebagai tiketnya. Tiga sistem tersebut adalah Tokaido Sanyo Shinkansen Online Reservation Service, Touch de Go, dan Ekinet.

 

Gunakan Rail Pass

Hampir semua kereta shinkansen saat ini bisa menggunakan Japan Raill Pass sebagai sistem pembayarannya kecuali Nozomi dan Mizuho. Pemesanan tiket bisa dilakukan secara gratis menggunakan JR Pass tersebut di counter tiket dan berbagai mesin tiket. Bagi pengguna JR Pass, tidak perlu menggunakan tiket cukup menggunakan JR Pass saja untuk masuk ke kereta.

Menggunakan diskon tiket

Selain lima cara diatas, pembelian dan pemesanan tiket untuk shinkansen di Jepang juga bisa menggunakan beberapa kupon diskon. Diskon biasanya tersedia untuk tiket set (kaisuken), tiket pulang-pergi (ofukuwaribiki) serta pembelian secara langsung (hayatoku). Beberapa toko yang berada di sekitar stasiun shinkansen biasanya juga menjual kupon diskon dengan nominal diskon yang lebih kecil.

Jika tertarik untuk berlibur ke negara Jepang untuk mencoba perjalanan dengan shinkansen, sekarang sudah semakin mudah. Kemudahan tersebut karena ada banyaknya paket wisata Asia dengan tujuan Jepang yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata. Agen wisata tersebut menawarkan beragam paket wisata yang lengkap dan memudahkan calon wisata ketika berwisata ke Jepang.

Related Posts