Bagaimana Penuaan Mempengaruhi Rambut Anda?

health

Jika rambut Anda membuat Anda merasa lebih seperti Rumpelstiltskin daripada Rapunzel hari ini, mungkin itu bukan imajinasi Anda. Menjadi abu-abu hanyalah salah satu dari banyak perubahan yang dialami rambut Anda seiring bertambahnya usia. Perubahan ketebalan, tekstur, dan lokasi pertumbuhan rambut Anda – terlalu sedikit di beberapa tempat, terlalu banyak di tempat lain – terjadi seiring waktu.

Bagaimana Penuaan Mempengaruhi Rambut Anda

Inilah ilmu di balik beberapa tanda umum penuaan rambut dan cara Anda memperbaikinya.

Tentang Rambut Anda

Setiap helai rambut terbuat dari protein penguat keratin dan dikelilingi oleh lapisan luar lembaran yang tumpang tindih, seperti atap sirap, yang membentuk kutikula.1

Satu-satunya bagian rambut bebas ketombe yang hidup ada di dalam folikel rambut di epidermis dan dermis, yang mengandung beberapa sel yang tumbuh paling cepat di dalam tubuh.2 Rambut yang Anda lihat sebenarnya sudah mati.

Penuaan rambut dapat disebabkan oleh perubahan mikroskopis, biokimia, atau hormonal yang memengaruhi folikel atau faktor lingkungan yang menyebabkan keausan pada rambut itu sendiri.

Perubahan Ketebalan dan Tekstur

Satu rambut hidup hingga enam tahun. Mengingat bahwa rambut tumbuh rata-rata sedikit kurang dari setengah inci per bulan, rambut yang panjangnya 12 inci telah melihat hampir tiga tahun cahaya ultraviolet, gesekan dari menyikat, panas dari blow dryer, pengeriting rambut, dan setrika datar, dan paparan kimia melalui pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan.5

Tidak mengherankan bahwa rambut yang aus dan robek atau hasil pelapukan. Sel-sel kutikula menjadi terangkat dan melembut, membuat rambut tampak lebih kasar dan lebih rentan rusak. Seiring waktu, folikel rambut itu sendiri secara bertahap menghasilkan rambut yang lebih tipis, lebih kecil, atau tidak sama sekali. Ini disebut sebagai alopecia tua (terkait usia), meskipun mungkin hanya menjadi bagian dari proses penuaan alami.

Yang Dapat Anda Lakukan

Bisnis anti-penuaan adalah industri bernilai miliaran dolar. Banyak produk yang mengklaim dapat menangkal efek penuaan pada rambut. Mereka termasuk humektan, yang mengikat kelembaban pada kutikula, membuatnya tampak lebih halus, dan kondisioner rambut yang menyegel kutikula.6 Produk lain menyediakan rambut dengan antioksidan dan mengklaim melindungi dari sinar UV.

Karena rambut secara teknis mati setelah muncul dari folikel, perbaikan kosmetik ini cenderung bekerja dengan memodifikasi penampilan setiap helai daripada mengubah struktur.

Selain menggabungkan penggunaan beberapa produk tersebut, Anda juga harus menghindari penggunaan panas berlebihan pada rambut Anda. Batasi penggunaan alat panas seperti pengeriting rambut dan setrika datar. Saat pengeringan, jauhkan pengering setidaknya 6 sampai 12 inci dari kepala Anda.

Bagaimana Rambut Berubah Abu-abu

Proses yang tepat untuk menjadi abu-abu tidak dipahami dengan baik, meskipun diketahui bahwa rambut berubah menjadi abu-abu ketika melanin – pigmen yang memberikan warna rambut dan kulit Anda – berhenti diproduksi.3 Umumnya, semakin ringan kulit Anda, semakin cepat rambut Anda akan menjadi abu-abu. Kaukasia biasanya mulai beruban di awal usia 30-an. Ini sering terjadi 10 tahun kemudian bagi mereka yang berkulit lebih gelap.7

Timbulnya uban sebagian besar ditentukan oleh genetika. Peneliti dermatologi Ralph Trueb mencatat dalam makalahnya “The Aging of Hair” bahwa 50% orang pada usia 50 akan memiliki rambut abu-abu 50%, terlepas dari jenis kelamin dan warna rambut awal.8 Rambut tubuh — alis, rambut kemaluan, dan rambut dada. — Biasanya berwarna abu-abu lebih lama dari rambut di kulit kepala.

Satu teori menyebutkan penyebab beruban menjadi stres oksidatif, salah satu teori utama penuaan. Stres oksidatif adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kelebihan radikal bebas diproduksi ketika rambut baru terbentuk, yang kemudian merusak struktur seluler yang menciptakan pigmen di dalam folikel.

Proses ini juga dapat menjelaskan mengapa banyak orang memperhatikan bahwa rambut mereka menjadi lebih kasar dan lebih keras untuk diatur karena berwarna abu-abu karena sel-sel yang membuat melanin terkait erat dengan sel-sel yang membangun batang rambut keratin.

Yang Dapat Anda Lakukan

Jika membiarkan rambut Anda tetap alami tidak menarik bagi Anda, Anda memiliki berbagai pilihan pewarnaan. Sorotan terbalik menempatkan garis-garis warna yang lebih gelap kembali ke rambut abu-abu. Pewarna permanen bekerja dengan menciptakan molekul berwarna di dalam batang rambut dan dapat menahan pencucian berulang-ulang. Warna semi-permanen dapat bertahan antara enam dan 10 sampo, karena terdiri dari molekul kecil yang menembus kutikula rambut.

Jika Anda serius ingin mewarnai rambut, perlu ada elemen permanen. Awalnya warna tampak bagus, tetapi tidak diserap oleh kutikula dan mudah hilang.

Related Posts