Adab Sebelum Belajar

Edukasi

adab sebelum belajar

Belajar adalah kegiatan menuntut ilmu, entah itu ilmu agama maupun ilmu dunia, dan kegiatan belajar dalam islam diatur dengan kerangka adab, yaitu apa yang semestinya di lakukan ketika kita belajar dan apa yang sebaiknya kita tinggalkan.

Tujuan dari adab dalam belajar, adalah agar ilmu yang kita dapatkan semasa belajar menjadi berkah dan kegiatan belajar kita di hitung sebagai ibadah yang konsekuensinya adalah balasan kebaikan dari ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.

Apa Saja Adab Dalam Belajar?

Dibawah iniakan kamicoba uraikan tentang adab adab dalam menuntut ilmu yang harus di terapkan dalam rangka belajar.

  1. Niatkan ikhlas untuk mengharap ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala, jangan meniatkan mencari ilmu untuk kesombongan dan hanya untuk pamer bahwa kita berilmu, niatkan ikhlas dan niat untuk mengamalkan ilmu yang di dapat.
  2. Berdoa dengan bacaan doa sebelum belajar, agar Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita pemahaman atas ilmu yang sedang kita pelajari dan memberikan kepada kita ilmu yang bermanfaat.
  3. Diam dan menyimak bahasan yang di sampaikan oleh Pemateri, karena banyak kita dapati orang yang asik ngobrol, padahal Pemateri sedang menyampaikan pelajarannya.
  4. Tulis poin yang kita anggap paling penting, karena ilmu adalah menyaring apa apa yang di sampaikan oleh Pemateri sehingga kita paham apa maksud dari yang di sampaikan oleh sang Pemateri.
  5. Bertanya jika ada hal yang belum kita pahami, jika sang Pemateri memberikan kesempatan untuk bertanya, karena ada sebagian dari kita yang malu untuk bertanya padahal tidak paham akan ilmu yang di sampaikan.
  6. Yang terakhir adalah membaca doa setelah belajar, atau biasa kita kenal juga dengan doa kafaratul majelis, maksud dari doa setelah belajar ini adalah agar kesalahan kita sewaktu kegiatan belajar tadi di ampuni oleh ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.

Itu adalah beberapa adab dan sunnah ketika kita menuntut ilmu yang selayaknya kita jalankan agar keberkahan dalam belajar kita dapatkan dan tentunya ilmu yang kita dapatkan akan merubah semua prilaku kita menjadi lebih baik.

Hakekat Menuntut Ilmu

karena hakikat dari belajar menuntut ilmu adalah bertambahnya rasa takut kita kepada ALLAH Subhana Hu Wataala dengan cara melakukan semua perintahnya dan meninggalkan semua yang di larangnya.

Dan menuntut ilmu atau belajar adalah dalam rangka mengetahui hukum hukum ALLAH, maka konsekuensi dari mengetahui hukum hukum Allah adalah kita mengamalkan ilmu tersebut.

Demikian semoga bisa di ambil manfaatnya dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita taufik untuk selalu semangat dalam menuntut ilmu agama.

Source: https://penaungu.com.

Rate this article!
Adab Sebelum Belajar,5 / 5 ( 1votes )

Related Posts