9 Musuem Terkenal di Kota Firenze, Italia

Wisata

Kota Firenze di negara Italia merupakan sebuah kota yang terkenal sebagai salah satu tempat lahirnya budaya Renaissance. Firenze merupakan kota yang berada di wilayah region Toscana yang juga merupakan ibukota dari provinsi Firenze. Pada abad pertengahan, kota Firenze merupakan kota yang sangat kaya baik dari segi materi maupun dari segi kebudayaannya.

Sebagai tempat lahirnya budaya Renaissance, Firenze mewarisi berbagai peninggalan bersejarah dari abad ke 13 hingga abad ke 17. Peninggalan tersebut umumnya berupa pahatan, patung, lukisan, dan berbagai karya seni yang dibuat oleh para seniman terkenal di abad Renaissance. Mayoritas karya seni tersebut tersimpan dengan baik di beberapa museum yang ada di kota Firenze.

Berikut adalah 9 museum di kota Firenze yang menyimpan karya seni dari era Renaissance dan berbagai peninggalan sejarah lainnya:

Galleria dell’Accademia

Galleria dell’Accademia atau Galery Akademi merupakan sebuah museum seni di kota Firenze, Italia. Galery ini didirikan oleh Pietro Leopordo pada tahun 1784 dan menyimpan berbagai karya seni buatan Michelangelo. Salah satu mahakarya dari Michelangelo yang tersimpan disini adalah patung David.

Palazzo del Bargello

Palazzo del Bargello merupakan sebuah bekas barak dan penjara yang sekarang diubah menjadi museum seni. Bangunan ini mulai berubah fungsi menjadi museum nasional sejak tahun 1865 dengan berbagai koleksi seninya. Berbagai karya dari seniman besar Toscana seperti Donatello dan Michelangelo tersimpan dengan rapi disini.

Museum Arkeologi Nasional Firenze

Museum Arkeologi Nasional Firenze adalah sebuah museum terpenting yang berada di wilayah utara Italia. Diresmikan oleh Raja Victor Emmanuel II tahun 1870, museum ini berlokasi di Palazzo della Crocetta. Disini tersimpan berbagai artefak dari bangsa Etruscan, Romawi Kuno, Yunani Kuno, serta Mesir Kuno.

Museo Galileo

Museo Galileo dibangun dan didedikasikan untuk almarhum Galileo Galilei, seorang ilmuwan dan astronom ternama. Berbagai barang peninggalan Galileo Galilei serta barang milik keluarga Medici yang terkemuka disimpan di museum ini. Wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan Galileo seperti globe, teleskop, hingga berbagai instrumen navigasi disini.

Galeri Uffizi

Uffizi yang berada di Firenze, Italia dikenal sebagai museum seni terbesar di benua Eropa. Disamping itu, museum ini juga merupakan salah satu museum seni tertua yang masih beroperasi hingga saat ini. Galeri Uffizi memiliki berbagai koleksi seni kontemporer yang membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata.

Palazzo Pitti

Palazzo Pitti adalah kompleks museum terbesar di kota Firenze yang merupakan bekas istana. Dahulu istana Pitti menjadi kediaman keluarga Medici hingga abad ke 18 dan sekarang menjadi kompleks museum. Istana ini dibagi menjadi beberapa bagian galeri seni dan museum yang menyimpan berbagai benda peninggalan era Renaissance.

Museum Katedral

Museum Katedral merupakan sebuah museum yang berisi karya seni asli yang dibuat untuk Katedral di Firenze. Beragam karya seni yang dibuat untuk Katedral Santa Maria del Fiore dibuat disini dan tersimpan dengan rapi. Ada juga beberapa pahatan dan patung karya beberapa seniman besar Italia yang disimpan di museum ini.

Spedale degli Innocenti

Spedale degli Innocenti jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi rumah sakit bagi orang tak bersalah. Bangunan ini awalnya dibuat untuk tempat tinggal serta penampungan para anak yatim-piatu di abad ke 15. Saat ini, bangunan ini menjadi museum dan galeri seni yang menarik untuk dikunjungi.

Casa Buonarroti

Casa Buonarroti adalah bekas bangunan rumah milik Michelangelo yang dibeli di awal tahun 1500-an. Keturunannya kemudian menjadikan bangunan ini menjadi sebuah museum seni di abad ke 16. Di dalamnya terdapat berbagai karya Michelangelo yang dibuat ketika sang maestro ketika masa remaja.

Kesembilan museum tersebut memiliki ciri khas masing-masing dengan berbagai koleksi dari para seniman zaman Renaissance yang menakjubkan. Banyak sekali wisatawan dari luar negeri datang kesana untuk menikmati berbagai karya seni menakjubkan dan bernilai tinggi. Umumnya, mereka menggunakan paket wisata Eropa yang banyak ditawarkan oleh berbagai agen wisata untuk berkunjung ke Firenze.

Related Posts