Cara Mendapatkan Korea Tour Card Untuk Berpergian Di Korea

Wisata

Korea Selatan adalah salah satu negara maju di Asia Timur yang berada di bagian selatan semenanjung Korea. Negara yang berbatasan dengan Korea Utara ini merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh turis dari berbagai negara. Disamping itu, negara ini juga banyak direkomendasikan oleh berbagai agen tur dan perjalanan dalam paket wisata Asia.

Beribukota di Seoul, negara yang dikenal dengan julukan negeri ginseng ini begitu terkenal dengan budaya K-Pop nya. Melalui budaya K-Pop dan semangat hallyu wave, Korea Selatan sukses menarik minat para wisatawan mancanegara untuk berwisata ke negaranya. Dengan semangat hallyu wave, Korea Selatan cukup berhasil membuat sektor pariwisatanya menjadi salah satu sumber devisa negaranya.

Kemajuan sektor pariwisata di negara Korea Selatan tersebut juga didukung dengan peningkatan dan modernisasi di berbagai sektor. Beberapa sektor yang dikembangkan salah satunya adalah sistem pembayaran dan sistem transportasi yang sangat berhubungan dengan pariwisata. Sistem pembayaran di Korea Selatan saat ini sudah menggunakan cashless sehingga sangat jarang menggunakan uang tunai disana.

Pembayaran dengan sistem cashless ini sangat memudahkan banyak orang sehingga tidak perlu repot membawa uang tunai terlalu banyak. Bagi para turis dari mancanegara terdapat penawaran untuk menggunakan sistem cashless ini dengan berbagai kartu yang bisa di top-up. Beberapa kartu yang bisa digunakan oleh para turis adalah Korea Tour Card, T-money, dan Cashbee.

Dari ketiga kartu tersebut, Korea Tour Card merupakan salah satu kartu yang banyak direkomendasikan untuk para wisatawan asing. Korea Tour Card adalah kartu pembayaran yang bisa digunakan untuk pembayaran transportasi publik dan untuk pembelian tiket atraksi. Bagi para wisatawan mancanegara yang ingin mendapatkan Korea Tour Card, berikut adalah beberapa tempat pembeliannya:

Mesin penjual kartu Otomatis di beberapa stasiun

Cara pertama untuk bisa mendapatkan Korea Tour Card adalah dengan membelinya melalui vending machine yang ada di stasiun subway. Walaupun begitu, hanya beberapa stasiun utama di kota Seoul saja yang memiliki mesin penjual otomatis Korea Tour Card. Beberapa stasiun tersebut adalah stasiun dari Line 1-4, stasiun terminal 1 Bandara Incheon, stasiun bandara Gimpo, dan stasiun Seoul.

Beberapa toko yang berafiliasi

Kedua, untuk membeli Korea Tour Card, wisatawan dari mancanegara bisa mencoba membelinya di beberapa toko yang berafiliasi. Beberapa toko atau jaringan toko yang biasanya menjual kartu tersebut adalah 7-Eleven, CU, GS25, dan emart24. Walaupun begitu, perlu diperhatikan bahwa mungkin saja Korea Tour Card tidak tersedia di semua cabang toko yang telah disebutkan.

Bank yang ada di bandara

Ketiga, selain pembelian di toko dan di mesin penjual otomatis, wisatawan juga bisa mendapatkan Korea Tour Card di beberapa bank. Ada dua bank yang menyediakan transaksi pembelian Korea Tour Card yaitu Shinhan Bank dan Woori Bank di Korea Selatan. Wisatawan bisa mengunjungi booth kedua bank tersebut yang berada di bandara Incheon, bandara Gimpo, bandara Jeju, dan bandara Gimhae.

Pembelian dalam penerbangan

Keempat, cara lain yang juga bisa dilakukan oleh wisatawan mancanegara untuk mendapatkan Korea Tour Card adalah dengan melakukan in-flight purchase. Saat ini baru Jeju Airlines yang menyediakan opsi in-flight purchase atau pembelian dalam penerbangan untuk para wisatawan asing. Terdapat sekitar 40 penerbangan internasional milik Jeju Airlines dengan pemberhentian Incheon atau Busan yang bisa melakukan in-flight purchase.

Tempat lain

Terakhir, disamping empat cara yang sudah disebutkan sebelumnya, wisatawan juga bisa melakukan pembelian Korea Tour Card di dua tempat lainnya. Yang pertama yaitu di kantor cabang Shinhan Bank yang ada di Myeongdong, stasiun Myeongdong dan kantor cabang di Universitas Hongik. Kemudian, wisatawan juga bisa membelinya dengan mengunjungi Hotel Information Center yang berada di terminal 1 bandara Incheon.

Related Posts