5 Istana Dinasti Joseon Yang Terkenal di Kota Seoul

Kota Seoul merupakan ibukota Korea Selatan sekaligus kota terbesar di negara tersebut. Bersama dengan kota Incheon dan Provinsi Gyeonggi, Seoul menjadi pusat dari Daerah Ibukota Nasional Seoul atau disebut dengan Sudogwon. Daerah Sudogwon sendiri merupakan daerah terpadat di Korea Selatan dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 25 juta jiwa.

Kota yang menjadi kawasan terpadat keempat di dunia ini merupakan salah satu kota tujuan wisata paling populer di Korea bahkan dunia. Sebagai tempat lahirnya budaya K-Pop dan Hallyu, Seoul setiap tahunnya selalu menerima banyak kunjungan turis mancanegara. Bahkan pada 2014, tercatat ada 10 juta turis dari berbagai negara yang mengunjungi kota Seoul sehingga membuatnya menjadi kota dengan jumlah kunjungan turis mancanegara terbanyak ke 9 di dunia.

Sebagai destinasi wisata turis mancanegara, Seoul memiliki berbagai tempat yang ramai dikunjungi. Mulai dari bangunan modern hingga bangunan peninggalan bersejarah dari kerajaan-kerajaan di Korea Selatan zaman dahulu. Diantara bangunan tersebut, istana peninggalan dari zaman kerajaan Korea merupakan yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan.

Istana peninggalan dari dinasti Joseon menjadi yang paling banyak menarik minat wisatawan. Dinasti Joseon membangun istana-istana besar yang dikenal dengan 5 Grand Palace. Kelima istana tersebut adalah:

Gyeongbokgung

Gyeongbokgung atau istana Gyeongbok merupakan istana utama bagi keluarga kerajaan dari dinasti Joseon. Istana ini dibangun pada tahun 1395 dan terletak di wilayah utara kota Seoul. Sebagai istana utama dinasti Joseon, istana Gyeongbok merupakan istana terbesar dari 5 Grand Palace. Salah satu atraksi yang disukai banyak wisatawan adalah upacara pergantian penjaga istana yang dilakukan setiap jam dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore waktu setempat

Changdeokgung

Changdeokgung atau biasa disebut dengan istana Changdeok merupakan sebuah istana yang dibangun pada masa Raja Taejong. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1405 dan baru selesai pada tahun 1418. Karena terletak di sebelah timur istana Gyeongbok, istana Changdeok disebut dengan Donggwol atau istana timur. Mulai tahun 2018 lalu, pihak istana mengadakan event tour bulan sabit istana Changdeok.

Changgyeonggung

Changgyeonggung atau disebut sebagai istana Changgyeong adalah istana yang berada di kota Seoul. Istana ini awalnya adalah istana musim panas pada masa dinasti Goryeo yang konstruksinya dimulai pada tahun 1104. Pada masa Raja Seongjong, istana ini diperluas namun kemudian pada saat invasi Jepang ke Korea, bangunan ini berkali-kali hancur dan direnovasi dan ditambahkan beberapa bangunan.

Deoksugung

Deoksugung atau istana Deoksu merupakan istana yang menjadi tempat tinggal beberapa keluarga kerajaan dinasti Joseon hingga masa penjajahan Jepang. Istana ini dikenal dengan nama Seogung atau istana barat dan awalnya digunakan sebagai kediaman Pangeran Wolsan, kakak dari raja Seongjong. Istana Deoksu tergolong istimewa karena memadukan arsitektur Korea dengan arsitektur Barat. Di dalam kompleks istana, terdapat patung raja Sejong yang Agung dan museum seni.

Gyeonghuigung

Gyeonghuigung atau istana Gyeonghui merupakan istana kerajaan dari dinasti Joseon yang dibangun pada tahun 1600-an. Istana ini dibangun pada masa pemerintahan raja Gwanghaegun. Bangunan asli istana Gyeonghui terbakar hebat di abad ke 18 ketika pemerintahan Raja Sunjo dan Raja Gojong. Selain itu, pada masa pendudukan Jepang, kompleks istana hampir seluruhnya dihancurkan dan digunakan sebagai sekolah sebelum akhirnya direstorasi kembali tahun 1990-an oleh pemerintah.

Para wisatawan umumnya menggunakan jasa tour dan travel untuk bisa mengunjungi istana-istana tersebut. Terlebih lagi, biasanya jasa tour dan travel menawarkan paket wisata Asia dimana Korea Selatan menjadi salah satu destinasinya. Dengan paket wisata Asia tersebut wisatawan tinggal menikmati fasilitas dan akomodasi yang sudah diuruskan oleh pihak tour dan travel.

Related Posts