Resep Masakan Terbaru Bibimbap (Nasi campur Korea)

Bunda mencari resep Bibimbap (Nasi campur Korea)? Ingin membuat hidangan Bibimbap (Nasi campur Korea)? Kesulitan mencari resep masakan Bibimbap (Nasi campur Korea). Disinilah Bunda akan menemukan cara membuat masakan yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Anda dapat memasak Bibimbap (Nasi campur Korea) menggunakan 25 bahan dan 8 langkah. Resep masakan ini tepat bagi Bunda yang sudah mahir memasak atau sedang belajar memasak.

Bibimbap (Nasi campur Korea)

Bahan Dari Bibimbap (Nasi campur Korea)

  1. Siapkan Secukupnya Nasi matang.
  2. Sediakan Secukupnya Minyak wijen.
  3. Bunda membutuhkan Secukupnya Biji wijen (disangrai).
  4. Bunda membutuhkan Bahan sayuran pendamping nasi:.
  5. Siapkan 1 genggam Bayam hijau.
  6. Sediakan 1 genggam Tauge/kecambah.
  7. Sediakan 1 buah Wortel ukuran sedang.
  8. Bunda membutuhkan 2 buah Jamur kancing.
  9. Sediakan 1 buah Telur.
  10. Bunda membutuhkan Bahan bumbu sayuran pendamping:.
  11. Bunda membutuhkan Secukupnya Garam.
  12. Bunda membutuhkan 2 siung Bawang putih (dihaluskan).
  13. Bunda membutuhkan Secukupnya Minyak wijen.
  14. Siapkan Bahan tumis daging:.
  15. Sediakan 1 genggam Daging sapi (direndam baking soda semalaman).
  16. Siapkan Secukupnya Minyak wijen.
  17. Sediakan Secukupnya Bawang putih (dihaluskan).
  18. Sediakan Secukupnya Garam.
  19. Bunda membutuhkan 1 sdt Kecap asin.
  20. Siapkan 1 sdt Kecap manis.
  21. Bunda membutuhkan Secukupnya Lada putih.
  22. Sediakan Secukupnya Penyedap.
  23. Siapkan Bahan masak:.
  24. Sediakan Secukupnya Air (untuk merebus dan blanching).
  25. Sediakan Secukupnya Minyak (untuk menumis).

Cara MembuatBibimbap (Nasi campur Korea)

  1. Haluskan 2 siung bawang putih. Sisihkan. Setelah itu potong-potong dan cuci semua bahan pendamping (sayur dan daging). Wortelnya dipotong memanjang (seperti korek). Untuk bayam, cukup potong akarnya saja.
  2. Yang pertama saya buat adalah sunny side up atau telur ceplok. Sebenarnya untuk telur ini, mau dimasak terakhir juga bisa. Pilihan masing-masing. Kalau saya, agar lebih bersih ke wajan saja sih kalau telur dulu yg saya masak. Beri sejumput garam. Setelah matang, sisihkan (kalau saya disimpan di piring lain)
  3. Berikutnya kita akan blanching bayam hijau. Cuci bayam hingga bersih. Kemudian, panaskan air dalam panci. Setelah mendidih, masukkan bayam dan rebus selama 1 menit. Setelah 1 menit, angkat bayam dari panci dan langsung cuci lagi di air mengalir yang dingin ya. Setelah itu, peras bayam dan potong menjadi 4 bagian. Bumbui dengan seujung sendok bawang putih halus, garam dan secukupnya minyak wijen. Aduk bayam dengan bumbu dan sisihkan (saya simpan di piring telur tadi).
  4. Sayur berikutnya yang akan dimasak adalah tauge/kecambah. Setelah tauge dicuci bersih, rebus tauge selama 10-15 menit di dalam air yang diberi sejumput garam. Setelah dirasa matang, tiriskan taugenya lalu bumbui lagi dengan bawang putih halus + garam + minyak wijen. Aduk hingga merata dan sisihkan.
  5. Berikutnya kita tumis wortel. Setelah wortel dipotong dan dicuci, taburi garam dan diamkan sebentar. Setelah itu tumis sebentar. Setelah dirasa cukup matang, sisihkan.
  6. Berikutnya kita tumis jamur. Potong dan cuci jamur. Setelah itu tumis, masukkan sejumput garam, bawang putih halus dan minyak wijen. Setelah matang, sisihkan.
  7. Terakhir, kita masak daging sapinya. Lebih baik daging sapinya direndam di air baking soda semalaman ya agar daging nya empuk saat dimasak. Setelah dipotong dan dicuci, marinasi daging dengan secukupnya garam, bawang putih halus dan minyak wijen. Setelah itu tumis, kemudian tambahkan kecap asin, kecap manis, lada putih dan penyedap. Masak hingga bumbu meresap. Setelah matang sisihkan.
  8. Setelah semua bahan pendamping nasinya sudah siap. Masukkan nasi putih ke dalam mangkuk (sesuai dengan selera masing-masing). Lalu tata sayuran dan daging di atas nasi. Terakhir, simpan telur di tengah. Taburi wijen sangrai dan minyak wijen. Bibimbap pun siap disantap. Jangan lupa diaduk/dicampur dulu ya semua pendampingnya dengan nasi sebelum dimakan.
Baca Juga :  Cara Membuat Minyak Kelapa Secara Alami Dari Sumbernya

Itulah resep masakan Bibimbap (Nasi campur Korea) yang dapat Anda sajikan untuk keluarga tersayang.

Mentari Asri Awallia

Author: Mentari Asri Awallia

Seorang penyanyi dangdut yang gemar menyanyi dan memasak, dan punya hobi terhadap hal-hal yang positif dan berguna untuk masa depan.